Kamis, 29 Mei 2014

Launching Becak CUCAK ROWO dan
Pelatihan Communication Skill untuk Abang Bacak Prawirotaman
di Kampus 5 UAD
Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Begitu pun dengan para tukang becak yang berada di kampung Prawirotaman. Namun kampung yang terkenal dengan julukan kampung turis ini bahasa yang digunakan berbeda dengan kita. Pemakaian bahasa inggris dilakukan oleh warga sekitar salah satunya abang becak. Abang becak menawarkan jasanya kepada para wisatawan mancanegara. Jadi tak heran jika kita sendiri kalah dalam penguasaan bahasa inggris dalam praktiknya sehari-hari. Untuk itu mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan (PGSD UAD) yang diketuai Isna Fatimah, Erli Rembulan Lindyaswari dan Rini Hariani ini menggelar acara pelatihan Communication Skill dan Launching becak pada Minggu, 27 April 2014 kepada 15 abang becak di Kampus 5 UAD, Jl. Ki Ageng Pemanahan 19 Yogyakarta.
Pada acara tersebut juga menghadirkan Blasius Haryadi dengan nama beken Harry Van Java dan Immastuti, S.Pd. sebagai pemateri yang menjelaskan bagaimana teknik menawarkan jasa yang baik dengan vocabulary (kosa kata) yang tepat dalam bahasa inggris. “Kampung prawirotaman ini memiliki potensi karena selalu dikunjungan para wisatawan mancanegara maupun lokal. Kita sebagai penarik becak hendaknya berperilaku yang baik agar wisatawan ini memberikan kesan yang baik kepada kita”, papar Harry penarik becak yang menawarkan jasanya melalui situs online ini.
Acara yang dilakukan pukul 09.00-12.00 ini mendapat perhatian yang besar dari para peserta abang becak yang setiap harinya mangkal di Jl. Prawirotaman. Apalagi ketika Immastuti memberikan tata cara penggunaan vocab dan grammer yang tepat. Acara yang diakhiri dengan launching becak dengan pemotongan pita  Blasisus Haryadi dan Isna dkk ini menandakan bahwa Becak CUCAK ROWO “Club Becak Prawirotaman Warga Yogya” telah resmi untuk digunakan. Tak hanya itu bentuk pelaksanaan kegiatan dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM-M DIKTI 2014)  yang dilakukan Isna dkk ini sebelumnya juga memperbarui selebor body becak. Body becak yang di cat dengan bentuk lukisan gambar khas kota Yogyakarta seperti gambar Kraton, Malioboro, Tamansari dll yang dibantu anak-anak SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta pada Minggu, 20 April 2014. Selain itu juga mereka memberikan fasilitas berupa kaos, stiker, website dan pemberian nama CUCAK ROWO . Tujuan diadakan kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan program kreativitas mahasiswa yang digelar DIKTI 2014.
Menurut Isna bahasa sangatlah penting namun percakapan menjadi salah ketika dalam percakapan terdapat misscomunication. Maka kami memberikan pelatihan dan communication skill ini agar abang becak mengetahui dan memahami penyampaian yang tepat ketika menawarkan jasa kepada turisdalam bahasa inggris dan nantinya dapat diterapkan. Acara yang ditutup launching ini menandakan bahwa selebor body becak sudah bisa untuk dipasang dan dipergunakan. (er)





 

Jejak Rembulan Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez