Gaya belajar (learning styles) adalah berbagai pendekatan atau cara yang digunakan dalam belajar. Gaya belajar merujuk pada bagaimana seseorang ketika menyerap informasi. Ada tiga macam gaya belajar, yaitu: visual, auditori, dan kinestetik.
Walaupun cara belajar setiap orang berbeda, tidak berarti gaya yang satu lebih baik dari gaya yang lain. Perbedaan ituhanya akibat dari suatu kebiasaan. Sesungguhnya setiap orang memiliki ketiga gaya belajar tersebut.
Tes Identifikasi Gaya Belajar (diadaptasi dari Buku Quantum Teaching)
Perhatikan sejumlah tindakan atau perilaku yang mungkin Anda lakukan. Tandailah dengan tanda check (ü) pada kolom ‘sering’, ‘kadang-kadang’, atau ‘jarang’.setelah semua dikerjakan, hitung jumlah tanda check tiap kolom dan selanjutnya ikuti petunjuk pada bagian akhir setiap tabel.
Gaya Belajar Visual
No.
|
Visual
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Jarang
|
1
|
Rapi dan teratur
| |||
2
|
Berbicara dengan cepat
| |||
3
|
Pengatur dan perencana jangka panjang yang baik
| |||
4
|
Pengeja kata yang baik
| |||
5
|
Lebih mudah mengingat yang didengar daripada yang dilihat
| |||
6
|
Menghapal dengan asosiasi visual (misal: gunung dengan segitiga)
| |||
7
|
Sulit menerima penjelasan yang disampaikan secara lisan
| |||
8
|
Lebih suka membaca sendiri daripada dibacakan
| |||
9
|
Sering membuat corat-coret selama menelpon
| |||
10
|
Lebih suka melakukan daripada ‘berpidato’
| |||
11
|
Lebih menyenagi lukisan daripada musik
| |||
12
|
Tahu apa yang harus dilakukan tetapi sukar menemukan kata yang tepat
| |||
Sub total
| ||||
X 2
|
X 1
|
X 0
| ||
Total: .....
|
.............+.................+.............
|
Gaya Belajar Auditorial
No.
|
Auditorial
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Jarang
|
1
|
Sering berbicara dengan diri sendiri sembari bekerja
| |||
2
|
Mudah terganggu oleh keributan kecil
| |||
3
|
Jika membaca sambil menggerakkan bibir
| |||
4
|
Lebih suka membaca keras-keras dan mendengarkan
| |||
5
|
Pandai bercerita secara lisan tetapi sulit jika mau menuliskannya
| |||
6
|
Berbicara dengan berirama
| |||
7
|
Seorang pembicara yang fasih
| |||
8
|
Lebih menyukai seni daripada musik
| |||
9
|
Mudah mengingat yang didengar daripada yang dilihat
| |||
10
|
Sering berbicara panjang-lebar daripada melakukan sesuatu
| |||
11
|
Lebih baik mengeja daripada menuliskan
| |||
12
|
Senang mengulang dan menirukan yang diucapkan orang
| |||
Sub total
| ||||
X 2
|
X 1
|
X 0
| ||
Total: .....
|
.............+.................+.............
|
Gaya Belajar Kinestetis
No.
|
Kinestetis
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Jarang
|
1
|
Sering berbicara dengan lambat
| |||
2
|
Sering menyentuh orang lain untuk mendapatkan perhatian
| |||
3
|
Berdiri sedekat mungkin pada saat berbicara dengan orang lain
| |||
4
|
Berorientasi pada fisik dan gerak
| |||
5
|
Lebih suka belajar melalui aktivitas fisik daripada membaca atau mendengarkan
| |||
6
|
Lebih sering menghapalkan sesuatu sambil berjalan-jalan
| |||
7
|
Pada saat membaca sering menggunakan jari sebagai penunjuk
| |||
8
|
Banyak menggunakan isyarat-isyarat tubuh
| |||
9
|
Tidak dapat duduk tenang dalam waktu yang lama
| |||
10
|
Lebih sering membuat keputusan berdasarkan perasaan
| |||
11
|
Ketika mendengarkan sesuatu sambil mengetuk-ngetuk jari, pena, dsb
| |||
12
|
Menyediakan waktu untuk berolahraga atau aktivitas fisik yang lain
| |||
Sub total
| ||||
X 2
|
X 1
|
X 0
| ||
Total: .....
|
.............+.................+.............
|
Masukkan skor Anda pada tabel berikut dan hubungkan dengan penggal garis. Skor tertinggi menunjukkan gaya belajar Anda yang dominan. Diikuti oleh gaya belajar yang kadang-kadang Anda gunakan juga.
Skor total tes gaya belajar
Skor
|
Visual
|
Auditorial
|
Kinestetis
|
24
| |||
23
| |||
22
| |||
21
| |||
20
| |||
19
| |||
18
| |||
17
| |||
16
| |||
15
| |||
14
| |||
13
| |||
12
| |||
11
| |||
10
| |||
9
| |||
8
| |||
7
| |||
6
| |||
5
| |||
4
| |||
3
| |||
2
| |||
1
|
Skor tertinggi menunjukkan gaya belajar Anda yang paling dominan, yang sesungguhnya paling sering Anda lakukan. Dua gaya belajar lain merupakan gaya belajar pendamping. Selain dengan tes gaya belajar dari Buku Quantum Teaching, Anda dapat menggunakan model berikut yang diadaptasi dari Colin Rose (1987):Accelerated Learning.
Jika Anda ...
|
Visual
|
Auditorial
|
Kinestetis
|
Mengeja kata
|
Sambil melihat kata yang dieja
|
Sambil mendengarkan bunyi yang Anda hasilkan
|
Sambil menuliskan kata itu di kertas
|
Berbicara
|
Tidak tahan mendengarkan kata-kata lawan bicara dalam waktu lama
|
Senang mendengarkan kata-kata lawan bicara tetapi tidak sabar untuk tidak berbicara
|
Melakukan gerakan-gerakan tubuh sesuai dengan suasana hati
|
Konsentrasi
|
Mudah terganggu oleh gerakan-gerakan lain
|
Mudah terganggu oleh suara/bunyi yang terjadi
|
Mudah terganggu oleh aktivitas di sekitar
|
Bertemu kembali dengan seseorang
|
Lupa namanya tetapi ingat dengan wajah dan tempat ketika berjumpa sebelumnya
|
Lupa wajahnya tetapi ingat namanya dan tutur katanya
|
Ingat semua yang dikerjakan bersama
|
Berhubungan dengan orang lain dalam rangka tugas
|
Senang berjumpa langsung
|
Senang lewat telepon
|
Berbicara sambil mengerjakan sesuatu
|
Membaca
|
Senang deskripsi yang menggambarkan tindakan yang dilakukan pelaku
|
Senang dengan dialognya
|
Senang dengan cerita silat
|
Melakukan yang baru
|
Senang melihat cara kerjanya
|
Senang membaca petunjuk
|
Senang langsung mencoba/melakukan
|
Menggunakan komputer
|
Melihat diagram lebih dahulu
|
Minta bantuan seseorang
|
Langsung mencoba sendiri
|
Ciri-ciri siswa Visual:
1. Siswa visual lebih senang menyerap informasi melalui tulisan, gambar, diagram atau sesuatu yang dapat dilihat.
2. Biasanya senang melihat gerak tubuh dan mimik anda didepan kelas untuk memahami penjelasan Anda.
3. Mereka senang duduk di baris depan karena tidak ingin terganggu oleh tubuh kawan-kawannya.
4. Mereka berpikir lewat gambar dan sajian visual yang lain, misalnya diagram, grafik, peta konsep, ilustrasi dari buku teks, video, atau transparansi OHP.
5. Mereka senang mencatat semua rincian yang Anda sampaikan di kelas.
Ciri-ciri siswa Auditorial:
1. Siswa auditorial lebih senang menyerap informasi Anda secara lisan, diskusi, atau mendengarkan apa yang Anda ucapkan.
2. Mereka akan menginterpretasikan makna melalui intonasi dari ucapan Anda, termasuk irama bicara Anda.
3. Penjelasan tertulis kurang berarti bagi mereka.
4. Mereka akan diuntungkan jika belajar dengan membaca dan diucapkan atau mendengarkan lewat rekaman.
Ciri-ciri siswa Kinestetik:
1. Siswa kinestetik senang belajar lewat kegiatan langsung, melakukan sesuatu secara fisik.
2. Mereka sangat sukar untuk duduk dalam jangka waktu yang panjang tanpa melakukan sesuatu.
3. Mereka belajar melalui aktivitas fisik.
4. Mereka aktif secara fisik dan sering ambil istirahat.
5. Mereka berbicara sambil menggerak-gerakkan tangan atau bagian tubuh yang lain.
6. Mereka tergantung pada apa yang dialami atau dilakukan.
7. Dalam pelajaran IPA, mereka akan mudah memahami apa yang dikerjakan di lab atau di lapangan.
8. Mereka sangat senang bekerja fisik.
9. Mereka juga senang jika Anda memberi dorongan dengan menepuk bahunya.