Kamis, 29 Mei 2014

Kidal Lebih Jenius?

Benarkah orang kidal lebih jenius.
Apakah anda termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan lebih banyak melakukan sesuatu dengan tangan kiri atau kidal? Jangan khawatir karena hal tersebut bukanlah sesuatu yang abnormal. Mereka dengan tangan kidal bukan hanya menulis atau menggambar dengan tangan kiri tapi sebagian besar aktivitasnya seperti menyisir rambut, mencuci, menyapu ataupun lainnya lebih sering menggunakan tangan kiri.

Tahukah anda apa penyebab tangan kidal?

Secara pasti penyebab tangan kidal belum diketahui, namun ada beberapa faktor  yang mempengaruhi anak dengan tangan kidal, yaitu bawaan lahir (nature), dan cara pengasuhan (nurture). Anak dengan tangan kidal bawaan lahir disebabkan otak kanannya lebih dominan daripada otak kiri. Lalu bagaimana dengan nurture atau pengasuhan? Anak akan terbiasa mengikuti perintah atau apa yang diajarkan atau bahkan kebiasaan orang tuanya. Contohnya pada anak dengan usia 2-3 tahun mereka mulai melakukan aktivitas yang disukainya, seperti membawa pensil dan kertas, walaupun belum bisa menulis namun kadang sang anak melihat kegiatan orang tuanya yang menggunakan alat tulis tersebut. Apabila orangtuanya mengajarkan anak menulis menggunakan tangan kiri, maka sang anak akan menirunya, namun sebenarnya keadaan kidal itu bisa dilihat pada usia 6 tahun dimana anak sudah mulai beraktivitas mandiri. Pada sebagian anak walaupun diajarkan menggunakan tangan kiri, tidak selalu menjadi kidal, karena fungsi dari otaklah yang paling berpengaruh.

Benarkah orang kidal lebih jenius?

Sebagian masyarakat kita percaya bahwa orang kidal lebih jenius dibanding orang biasa, apa benar? Sebelumnya kita cari tahu dulu fungsi otak.
Fungsi otak kiri dan otak kanan
  • Fungsi otak kiri yaitu untuk mengatur kemampuan berbahasa, kemampuan berbicara, membaca, serta menulis, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan  tata bahasa. Cara kerja otak kiri short term memory (memory jangka pendek).
  • Fungsi otak kanan yaitu untuk kemampuan kreativitas dan persepsi, pengenalan dimensi ruang dan situasi, kewaspadaan, serta perhatian dan konsentrasi. Atau biasa dikenal dengan kemampuan matematik. Selain itu Cara kerjanya long term memory (memory jangka panjang).
Pada anak kidal, perkembangan otak kanannya lebih baik. Demikian juga sebaliknya, anak yang memiliki kecenderungan tangan kanan, berarti otak kirinya yang memiliki perkembangan lebih baik. Mungkin ada benarnya, orang yang kidal lebih pintar bila kita lihat bahwa ternyata perkembangan otak kanan lebih baik pada orang kidal, karena memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih tinggi. Namun hal ini masih dalam penelitian untuk mengetahui  kebenarannya.
source: http://buletinkesehatan.com/benarkah-orang-kidal-lebih-jenius/
 

Jejak Rembulan Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez